character camp -- part 2

ooke kita lanjutin yang kemaren yha.

sesampenya di klenteng, tiap klompok disuruh buat siapin presentasi ttg observasi tadi. waah klompok gue sibuk buk buk. si kakak pendamping yang emang agak menye. ini teruuus aja ngatur. bikin kesel setengah mati deh. harus ini, jangan ini. aargh ampun deh kak. kita bisa sendiri kok! rasanya gue dan yg laen udah mau meledak gara-gara kesel.

akhirnya karna terlalu pusing, kita blom selese pas waktunya masak-masak. ya, kita masak! bahan yang dikasih itu kornet, telor, sosis, sama sarden. plus bumbu-bumbu kayak cabe, bawang dll. ngeliat bawangnya, gue pikir kita mau bikin nasgor. eeeh ternyata si kakak sotoy-menye ini malah nyuruh kita bikin kolorsis (yak itu sebutan gue), yaitu kornet yang dicampur telor orak-arik yg sebelomnya udah dimasak plus sosis mateng yang dipotong-potong. aaaaw menjijikan. akhirnya gue dan beberapa temen yang laen cuma makan sosis dan telor. yucks.

ohiya. seakan ditimpa kesialan berberat satu ton, klompok gue tersayang gak dapet nasi buat makan malem gara-gara kelamaan ngeladenin si kakak. sendok-piring pun cuman sedikit. sedihnyaaa. dengan tangan amis bekas sarden, gue dan beberapa temen klompok gue keliling meminta nasi dan sendok. akhirnya dapetlah beberapa bungkus nasi yang cukup buat klompok gue. dan tau nggak, ternyata ada banyak temen gue dari klompok lain yang kelebihan nasi. damn! mengapa oh mengapa mereka ngga ngomong dari sebelomnyaaa?

trus kita presentasi. sialnya lagi, dari sepuluh klompok, dibagi dua. dan klompok-klompok yang bersama-sama dengan gue itu tidak begitu menyenangkan. yaudahlah gapapa, pikir gue. klompok gue presentasi pertama kali. setelah dirundingin, klompok gue setuju, kejadian memalukan tentang temen gue disaat wawancara ngga mau diungkit-ungkit pas presentasi. trus kita presentasi deh. karna presentasi pertama kali, jadi yang laen masih seger, dan pada meratiin klompok gue. hihihi. setelah presentasi, gue boseeeeen setengah mati. akhirnya gue berkarya. bikinin si nobi grafiti. hehehe bilang makasi dong nob. haha

malemnya ada acara watching together. beredar gosip kalo kita bakalan nonton DENIAS. aw bosan. udah seribu kali gue nonton film itu. akhirnya karna tau kita udah pada nonton tuh film, kakak-kakak jejak kita ganti filmnya jadi FACING THE GIANTS. gue blom nonton!
dengan setengah excited-setengah ngantuk, gue duduk di depan. tapi... yaampun perut gue melilit. syakiet stengah mati. gue minta ijin buat ngambil jaket dan autan (lho kok pake autan? iya. biar ngga digigit nyamuk mba.) trus gue minta minyak kayu putih sama yosie yg duduk di sebelah gue - thx ya yoss.* duh, filmnya ga begitu bagus. biasa banget. karna temen-temen gue yang di belakang udah pada ribut bagaikan ikan teri di jemur, seorang kakak marah. dia cepetin film nya sampe ke bagian yang dianggep bagus dan menginspirasi kita. yak, betul. bagian itu keren, bersemangat, dan sukses bikin gue lupa sama sakit perut gue tadi. temen-temen yang laen juga jadi meratiin film nya. akhirnya setelah selese, kita bisa tidurrr.

tidur pun jangan salah. setelah memakai autan kids bergenggam-genggam, masiih aja tuh nyamuk terbang ngung ngung disekitar gue. karna muka gue ga dipakein autan, tuh nyamuk menyerang ke muka! gue tidur pun ngga nyenyak, karna tangan gue berkonsentrasi mukulin nyamuk di muka. tapi akhirnya sekitar dini hari, gue berhasil masuk ke alam mimpi. sayangnya, jam lima, temen-temen gue udah pada mulai berkokok! ngobrol sana ngobrol sini. jalan sana jalan sini. aargh taukah kalian gue masih ngantuk?! gue teteup berusaha tidur, sampe akhirnya setengah jam kemudian gue ngga tahan. gue bangun dan berjalan ke arah tas gue. akhirnya gue juga ngobrol sama temen-temen gue yang laen. tapi sambil tiduran lagi ;p

ternyata lampunya mati. air juga mati. jadi gue dan temen-temen yang laen ga bisa mandi. oh tidak. dengan badan lepek nan lengket, kita ganti baju character camp yang udah disiapin. tebak warnanya apa? HIJAU ngeJRENG. wow. trus mulailah gue 5 kelompok terpilih kemaren diskusiin rencana hari itu. kita mau baksos! yey gue semangat. gue jadi koordinator penyuluhan. sambil sarapan, kita ngobrolin apa yang mau kita kasih ke adek-adek di sekolah tempat kita baksos nanti. kata kefas, "ajakin ngemil bersama aja!" ayuuuk. ayuuk. gue senang ide itu.

tiba saatnya berangkat baksos. ternyata, sekolah yang 5 kelompok gue datengin itu jaraknya satu setengah kilo dari klenteng. sedangkan sekolah yang 5 kelompok lain datengin itu hanya 200m dari klenteng. dimanakah keadilan? huuh tapi gapapa. pas siap-siap berangkat, koordinator-koordinator dipanggilin. ternyata mau diajak naik mobil! horee gue senang. temen-temen gue yang pada syirik langsung nyodorin gue barang-barang. pengki, snack, botol-botol, buat gue tenteng di dalem mobil. eeh ternyata mereka naik angkot, nggak jalan! hahahaha
sesampenya di sekolah, langsunglah kita mulai. panasnyaaaaa minta ampun. tapi anak-anaknya semangat banget! gue dan 5 orang temen ngajarin anak kelas 6 soal kebersihan gitu. trus ada juga sesi tanya jawab berhadiah snack. ide ngemil bersama terlupakan karna rada grogi. ahhaha
setelah selese dan membiarkan mereka makan snacknya, gue bantuin yang laen bebersih sekolah. karna ujan tadi paginya, kelas-kelas jadi kotor setengah mati. gue nyapu-ngepel. jahatnya temen gue, setelah ngepel, tuh lantai diinjek-injek lagi! aargh teganya teganya. tapi kita semua hepi sehepi hepinya.

setelah selese baksos, kita balik ke klenteng. ternyataaa. kita nggak naik angkot lagi! kita harus jalaan. wooow. kita jalan ngelewatin sawah dan ladang nan kering kerontang. kita bilang..

"duile kita dah kayak syuting film aja.. film DENIAS!"

"iyaa. Denias nya kesandung dari atas awan"

"Hahahaha betul tuh. Denias jalan-jalan ke tanjung kait!"

yah emang rada garing. tapi pas banget nggambarin keadaan kita waktu itu. dengan "ranjau" hitam-hitam bulat kecil bertebaran di sekitar jalan. akhirnya kita sampe di klenteng dengan keringet bercucuran bagaikan mandi. wuuu sesampenya di klenteng, 5 klompok laen lagi nyante-nyante. ternyata mereka sampe duluan..hiks malangnya gue.

setelah itu acara dilanjutin dengan bikin poster. poster itu isinya resolusi kita. kesimpulan kita. gitu-gitu lah. klompok gue diterangin sama si kakak, kalo posternya itu singkat padat jelas. jadi kita bikin poster dengan kalimat "LOVING, CARING, and SHARING are 3 STEPS TO A BETTER LIFE"wow. keren kan? haha
ternyata kita berbeda dengan klompok laen. mereka bikin poster yang isinya adalah apa yang mereka mau lakuin setelah camp, kayak "aku mau bersyukur blablabla" gitu-gitu! doeng. klompok gue salah dong? argh. malunya.

setelah presentasi dari beberapa klompok, kita makan siang. karna masih ngga bernafsu, gue ngobrol-ngobrol sama temen-temen gue. aaah enaknya. becanda-becanda setelah capek capek ria. setelah makan pun masih aja sempet becanda-becanda. ketawa ketiwi. trus baru deh penutupan, naik ke bus, dan pulang.

and now, I'M HOME, pals!

warm regards,
egii.

2 comments:

rachel ds said...

haha.. tempat lo baksos itu desa yg gw kunjungi dengan jalan kaki waktu observasi.

gw diceritain sama pe2ng. katanya waktu lewat sawah si Joni, pe2ng dkk teriak"

"MALEEEOOOO!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!@@@#$%^&*"

regina-ekaputri said...

iyaaa critanya kan lage syuting dew. kudu ngehayatin dooong. huahahahahahahahaa